Logo header2023 v2 min

 

Ditulis oleh Redaksi on . Dilihat: 1211

AREA VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target yang akan dicapai :

1.   Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah
      dijangkau)
2.   Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan
      internasional)
3.   Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:

a).   Standar pelayanan

        1).   Terdapat standar pelayanan
                Menyusun standar pelayanan sesuai dengan peraturan menteri PAN RB nomor 15
                2014.
         2).   Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:
                a.    Membuat standar maklumat layanan
                b.    Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan
         3).   Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan
         4).   Melakukan reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.
       
        Kegiatan kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen standar layanan,
        capture maklumat standar layanan di tempat layanan, dokumen SOP pelaksanaan standar
        layanan, dokumen reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

b).   Budaya pelayanan prima
        1).  Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima kepada pegawai
        2).  Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media,
               baik media cetak papan pengumuman, media social, website dll.
        3).  Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward(penghargaan) bagi pelaksana
               layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima layanan bila layanan yang
               diberikan tidak sesuai standar

        Kegiatan-kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: dokumen sosialisasi
         pelayanan prima (undangan daftar hadi notulen foto sosialisasi capture sarana informasi
         layanan, sistem reward dan punishment), dokumen penghargaan bagi pegawai teladan
         dan dokumen hukuman disiplin sebagai punishment serta kompensasi kepada penerima
         layanan.

c).     Sarana layanan terpadu/terintegrasi
         1).   Menyediakan layanan tepadu (pembayaran layanan melalui simponi aplikasi simari
                 antara UPT dan mahkamah agung)
         2).   PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) 

d).    Terdapat inovasi dalam layanan
         Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data: Berupa capture aplikasi layanan terpadu dan
         foto PTSP, capture inovasi pada area layanan.

e).     Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
         1).    Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan
                 oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan masyarakat(SKM setiap 6
                 bulan).
         2).    Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui website,
                  media social, dan banner/spanduk
         3).    Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan melakukan
                 perbaikan layanan

          Kegiatan-kegiatan tersebut diatas dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan
           survey, capture foto tentang pelaksanaan survey dan hasil survey, dokumen laporan
           perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari survey kepuasan masyarakat.

Adapun eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah sebagai berikut:

Pergantian Petugas, perbaikan telepon/adakan rapata pembahasan hasil survey masyarakat

PENILAIAN KERJA

DATA PENDUKUNG WBK 2021

1

Standar Pelayanan

Pelayanan Informasi

 

Website, bennar dan pemflet di PA (visualisasi)

 

SOP

 

Dokumen reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP dokumen reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP

2

Budaya Pelayanan Prima

Dokumen sosialisasi/pelatihan pelayanan prima kepada pegawai dokumen sosialisasi/pelatihan pelayanan prima kepada pegawai

 

Webiste banner dan pemflet di PA (visualisasi SIPP)

 

Sistem reward dan punishmen

 

Layanan one day court service

 

Pendaftaran perkara oneline (tindak lanjut inovasi dari puat, siwas, SIKEP)

3

Penilaian Kepuasan terhadap pelayanan

Hasil survey kepuasan masyarakat

 

Website

 

Dokumen laporan perbaikan pelayanan sebagai tindak lanjut survey kepuasan masyarakat dokumen laporan perbaikan pelayanan sebagai tindak lanjut survey kepuasan masyarakat

Indikator hasil(40%)

Pembangunan zi menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani focus pelaksanaan reformasi birokrasi tertuju pada 2 sasaran utama yaitu

  1. Terwujudnya Aparatur Pajs yang bersih dan bebas dari KKN diukur dengan menggunakan ukuran:
    1. Nilai persepsi korupsi(survey eksternal)
    2. Presentase penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan(TLHP)
  2. Terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat diukur melalui nilai persepsi kualitas pelayanan (survey eksternal)

By Top Management Pengadilan Agama Sukadana

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA SUKADANA

Jalan Ki Hajar Dewantara

Desa Pasar Sukadana, Kecamatan Sukadana,

Kabupaten Lampung Timur,

Provinsi Lampung.

telp icon (0725) 7660090

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.email icon